Selasa, 19 April 2011

Robot Indonesia Kuasai Fire Fighting Tiga Tahun Berturut-turut

0 komentar
Tim Robotika Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung masih menjadi yang terbaik pada kategori Open Fire Fighting Autonomous, di ajang 2011 Robogames, San Mateo, California, AS, yang diselenggarakan pada 15-17 april kemarin. Dengan kemenangan ini, Tim Robotika Indonesia yang berangkat dengan dana sendiri itu berhasil mempertahankan medali emas pada kategori Open Fire Fighting Autonomous selama tiga tahun berturut-turut.



Sebelumnya, Tim Robotika Unikom berhasil meraih medali emas di kompetisi yang sama, pada tahun 2009 dan 2010.

Kategori Open Fire Fighting Autonomous pada Kompetisi Robogames merupakan salah satu kategori tersulit. Tantangan utama dari kontes ini adalah membangun sebuah robot otomatis yang dapat bernavigasi. Mekanisme rancangan robot harus mampu melewati sebuah model rumah dan menemukan sebuah lilin yang menyala.

Kontes itu merupakan bentuk sebuah model kebakaran di suatu rumah. Robot harus dapat memadamkan api dalam waktu singkat, tanpa menjatuhkan sekat dinding yang sengaja tidak dipasang secara kokoh.

Tugas tersebut merupakan model pengoperasian robot otonom di dunia nyata yang menjalankan fungsi pemadaman kebakaran.

Pada kategori lainnya, Space Elevator Ribbon Climbing Robot, tim yang dipimpin Yusrila Kerlooza itu juga turut berjaya. Pada kontes itu, peserta dituntut menciptakan sebuah robot yang dapat bergerak tanpa (atau sesedikit mungkin) menggunakan sumber energi buatan, seperti baterai yang telah diiisi sebelumnya.

Tugas utama robot tersebut adalah bergerak memanjat secepat-cepatnya pada sehelai pita yang tergantung vertikal, hanya dengan memanfaatkan sumber energi cahaya sekitar.

Comments

0 comments to "Robot Indonesia Kuasai Fire Fighting Tiga Tahun Berturut-turut"

Posting Komentar

silahkan masukan keritikan nya, karena bagi saya kritik ada keripik

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com